Tips Mencapai Impian

Untuk mencapai impian kita, pertama-tama adalah membuat diri kita begitu menginginkannya!!! Begitu kuatnya sampai rintangan apapun sanggup kita atasi. Berikut ini, cara menanamkan keinginan yang begitu kuat untuk menghasilkan motivasi sumber energi kita:

Bagaimana langkah-langkahnya???

1. tuliskan impian yang ingin dicapai secara spesifik.

Jangan menulis hanya sekedar ‘saya ingin jadi kaya’. Informasi ini masih ngambang, karena tidak menyebutkan secara jelas, apa yang dimaksud dengan ‘kaya’. Lebih baik sebutkan saja jumlah uang yang anda inginkan, misalnya ‘ saya ingin memiliki uang sebanyak satu milyar rupiah’. Dengan demikian maka kita telah menetapkan satu target yang jelas,yaitu satu milyar rupiah.
Dalam menetapkan tujuan, kita harus dapat menggambarkan secara jelas apa yang ingin kita tuju. Sespesifik mungkin. Kalau kita ingin sekolah dinegara tertentu, sebut saja nama kota, nama sekolah, jurusan, suasana kelas, nama dosen, mata kuliah yang akan diikuti,dan lain-lain. Semakin detil semakin bagus.

2. keluarkan semua Harapan dan Mimpi!

Hal berikutnya yang harus kita lakukan adalah menuliskan semua harapan dan kehidupan ideal yang kita inginkan yang dapat kita lakukan bila mencapai tujuan tersebut, tidak peduli betapa kita menganggapnya mustahil, tulis saja keinginan kita itu.
Mungkin terkadang kita merasa ragu untuk menumpahkan mimpi-mimpi tergila kita. Tapi… tulis saja, tidak akan ada yang menertawakan atau meremehkan kita kok, kembalilah menjadi anak kecil dan tuangkan semuanya dengan bebas tanpa perhitungan apapun.
Ingat, ini bukan laporan atau tugas kantor yang harus kita kerjakan dengan benar dan masuk akal. Tidak salah atau jelek untuk harapan kita, semuanya bagus dan hebat.

3. buatlah rencana untuk mencapai target

Agar dapat mencapai impian, kita perlu rencana yang matang. Untuk itu, kita perlu menyusun langkah-langkah apa saja yang akan kita tempuh untuk mencapai tujuan kita. Bila tujuan yang kita inginkan terlalu besar, kita dapat membagi rencana kita menjadi beberapa tahap.

4. Tetapkan deadline

Sebagai contoh, bila tadi kita sudah memberikan deskripsi sekolah impian kita, kita juga harus menentukan kapan kita sekolah, jangan hanya menuliskan ‘dalam jangka waktu 5 tahun’, tapi tuliskan tanggal, bulan dan tahun secara spesifik. Adanya ‘deadline’ akan mengacu kita untuk lebih rajin dan aktif mencari cara untuk mencapai sasaran kita.

5. Pengorbanan untuk mendapatkan mimpi kita

Di dunia ini tidak ada yang gratis, kalau kita mau mencapai impian kita, ada pula yang harus dikorbankan (Kalau kata mbakku, ‘ada sesuatu hal mahal yang harus kita bayarkan untuk meraih sesuatu’). Dari waktu, tenaga, kepuasan, sampai pikiran. Andaikan saja impian kita itu barang, tentunya kita harus membayar untuk mendapatkannya, tidak bisa tidak.
Tuliskan secara spesifik hal yang kita bayarkan sebagai ganti impian kita. Misalnya, kurangi waktu tidur dan lembur, dan menyisihkan uang untuk ditabung, meluangkan waktu untuk belajar lebih giat dan mencari peluang bisnis, dan sebagainya.

6. kalimat pernyataan

Bila langkah tadi adalah spesifikasi, selanjutnya adalah menuliskan kalimat sugesti. Tidak ada patokan khusus tentang seperti apa kalimatnya, yang penting kalimat itu dapat menstimulasi emosi positif kita.
Unsur yang wajib ada adalah semua yang sudah aku sebutkan sebelumnya itu loh, mimpi kita secara spesifik, tanggal pencapaian, pengorbanan, dan langkah yang ditempuh. Berikut ini sedikit tips neh… :
• tuliskan seakan-akan nkita sudah berada di hari dimana target kita tercapai.
• Tuliskan dengan kalimat positif
• Tambahkan kalimat yang menggambarkan emosi dan perasaan kita.

7. visualisasi

Langkah selanjutnya adalah visualisasi. Bayangkan kita sudah meraih apa yang kita targetkan. Pergilah ke ruangan yang sunyi, mungkin kamar kita atau dimanapun kita bisa lebih berkonsentrasi. Bayangkan kalau kita sudah berada ditempat yang kita inginkan. Gunakan seluruh panca indra dan emosi kita.
Kita harus benar-benar merasakan!!! Sebagai contoh, kita menginginkan sebuah laptop, nah, visualisasikan bahwa tangan kita sudah memegang laptop itu. Rasakan beratnya ditangan kita, teksturnya, warnanya, baunya, tonjolan merknya,dll. Bayangkan pula diri kita menggunakan laptop itu dan betapa puasnya kita dengan kinerjanya. Pokoknya apapun impian kita, rasakan hal itu senyata mungkin!
Sambil bayangkan, suarakan dengan lantang kalimat pernyataan yang sudah kita buat dengan menyertakan emosi kita.

8. ulangi… ulangi… dan ulangi!!!

Kita sudah mengulang pernyataan misi kita tiap hari, paling tidak 2 kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur, minimal selama 3 bulan. Sasaran kita harus benar-benar merasuki alam bawah sadar kita dan tertanam kuat. Pada saat itu, dengan sendirinya seluruh kegiatan dan aktivitas kita akan tertuju pada target kita dan segalanya akan terlihat lebih mudah.

Selamat mencoba…