Le francais est facile

Selain Matematika dan Statistika, belajar bahasa asing (terutama bahasa-bahasa yang digunakan di Eropa) telah menjadi bagian dari hidup saya. Karena keseharian saya selalu berkecimprung dalam dunia angka, jadi bisa dikatakan belajar bahasa adalah sebuah refreshing buat saya.hehehe….

Entah kenapa, saya suka sekali bahasa Perancis, selain bahasa Jerman, Spanyol, Itali dan Rusia, hanya bahasa Perancis yang benar-benar saya pelajari. istilah kasarnya, apapun deh yang berbau Perancis, pasti saya sabet. mulai dari novel (padahal saya tidak suka novel), peta ( tapi saya tidak bisa baca peta),film, bahasa, kebudayaan, universitas disana, dan karakter orang-orang disana yang menurut saya menarik, itu semua saya miliki. Pengen banget sekolah di Prancis…tapi sayang, kesempatan dan permit belum ada…hiks…TERUS BERUSAHA!!!uhuy!!!

Banyak orang yang bilang bahasa Perancis itu susah…tapi menurut saya itu salah.

Banyak orang yang bilang orang yang bicara bahasa Perancis itu udah kayak orang kumur-kumur. Waktu awal-awal, saya mendengar mereka bicara sih iya. tapi sekarang sudah terbiasa, apalagi kalau sering nonton film dan lagu-lagu bahasa Perancis, lumayan tuh bisa membantu.

OK sedikit motivasi untuk yang belajar bahasa Perancis. Hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah meyakinkan diri Anda bahwa bahasa Prancis itu MUDAH!!! Banyak kok orang Indonesia yang bisa bahasa Perancis berkeliaran dimuka bumi ini…hehehe

Kata orang sih prononcation bahasa Prancis lumayan bikin gila…tapi menurut saya sih ENGGAK….dan bahasa Perancis itu bahasa yang istiqomah dalam pengucapan…hihihi

yuk kita bandingkan dengan bahasa Inggris…

coba baca, “DOOR” dan “BOOK”!

“Door” adalah bahasa Inggris dan pengucapannya adalah DOR

“Book” juga bahasa Inggris dan pengucapannya adalah BUK…

hayo…gak konsisten banget, kan? dan kita memerlukan kamus untuk tau kata tersebut dibaca apa.

Tapi kalau bahasa Perancis sih menurut saya enggak.

ok deh segitu dulu motivasi dari saya…ntar kalau ketemu motivasi untuk belajar bahasa perancis lagi, nanti saya posting lagi..

BON COURAGE et BONNE CHANCE!!!!^_^

Beasiswa S2 Jepang: Ajinomoto Master Scholarship for ASEAN Students

Dear all…

Bagi kalian yang merasa tinggal di negara-negara ASEAN dan berminat untuk melanjutkan study di Jepang…mungkin informasi berikut ini bisa berguna buat kalian… Good Luck

silahkan buka link ini yah: http://www.beasiswas.info/beasiswa-s2-jepang-ajinomoto-master-scholarship-for-asean-students/

Oh Perpustakaanku….

Beberapa hari ini aku harus bolak balik ke perpustakaan yang letaknya di lantai 4. Entah kenapa perpustakaan MIPA itu diletakkan di lantai 4….hiks…

Sejak aku masuk sekolah, perpustakaan adalah tempat favoritku setelah tempat ibadah… aku banyak menghabiskan waktu di perpustakaan dan tempat ibadah karena aku gak pernah diperbolehkan makan di kantin sekolah..ya selama kuliah ini saja sih baru berani beli makan makanan di kantin (kan bunda gak tau..hihihi). kembali ke perpustakaan tadi… gara-gara perpustakaan di lantai 4, kadang dah capek2 naik sampai lantai 4, terus bukunya gak ada…haduh2…. 🙁

Tapi sekarang sudah punya solusinya dunk…. Tak perlu lagi aku ke perpustakaan. Alhamdulillah sekarang aku bisa terkoneksi internet dimanapun dan kapanpun…So, kalau butuh buku apa2….bisa googling, bisa searching2 deh…hihihi…..

Dan web favoritku adalah www.scribd.com, di web ini…aku bisa dapat buaaaaaaaaaaaaaannnyak banget buku2 yang gak ada di Perpustakaan..dan kadang itu buku edisi terbaru…bisa di download and free pula. Ih waw….tak ayal aku pun sering mengunjungi situs ini. Gak cuma buku, jurnal, dsb pun banyak disini….

Senang kali hati ini,,,hehehe,,,

tapi aku masih penasaran..kenapa perpus MIPA itu terletak di lantai 4??? di Lantai 1 ajah orang jarang yang datang 🙁

Puzzle dalam Pembelajaran Kuliah

Bukan suatu permainan “puzzle” yang ingin saya tulis disini…melainkan sebuah perbincangan yang terjadi dikalangan mahasiswa di suatu kelompok belajar.

Sebut aja A, dia mahasiswi DKV (Desain Komunikasi Visual) disalah satu universitas ternama. Dia mengeluhkan kalau selama ini dia kuliah tidak pernah paham apa gunanya dia kuliah dan mempelajari materi kuliah tersebut. Lantas B pun mengeluh hal yang sama (B adalah mahasiswi psikologi di universitas yang sama). Dan ada satu mahasiswa lagi sebut saja C, dia mahasiswa manajemen di universitas yang sama.

Saya mendengarkan percakapan mereka. Mereka mengeluh dengan sistem pembelajaran yang terjadi saat ini di Universitas mereka dan mungkin di universitas lain terjadi hal-hal yang sama yaitu banyak mahasiswanya yang gak ngerti kenapa mereka harus belajar mata kuliah ini, mata kuliah itu, dsb.

Tapi ada satu kalimat menarik yang dilontarkan oleh C, “kuliah itu ibarat kita bermain Puzzle.kita mengumpulkan satu per satu kepingan puzzle itu untuk memperoleh puzzle yang sempurna dan sesuai dengan yang kita inginkan.”

Apa maksudnya??? kita ibaratkan Puzzle itu adalah tujuan kita mempelajari sesuatu ato tujuan kuliah. Saya tidak mengasumsikan kita kuliah hanya untuk mendapat gelar SARJANA. Tapi tujuan kita adalah meraih ilmu yang kita inginkan&menjadi alasan kita kuliah di Jurusan itu. Lantas kepingan-kepingan Puzzle itu adalah materi atau mata kuliah-mata kuliah yang harus kita tempuh untuk meraih Puzzle yang sempurna. Tapi ada satu hal yang terlupa disana. Apakah itu??? Ya..ketika kita bermain Puzzle, kita perlu tau seperti apakah bentuk Puzzle itu sebenarnya sebelum kita menumpahkan dan mengacak-acak puzzle itu.

Ini yang sering terlupakan dalam sistem pembelajaran kita. Banyak para pengajar (saya tidak menyebutkan semua). Mengajarkan materi A sampai Z tapi si mahasiswanya gak ngerti mereka belajar itu buat apa???untuk dapat A??? ntar kalo kita kerja, kepakenya buat apa?? aplikasi di lapangan itu apa???

mahasiswa A, B, dan C hanyalah sebagian kecil dari mahasiswa-mahasiswa yang mengalami kebingungan ketika mereka mempelajari suatu mata kuliah tertentu. karena minimnya pengetahuan mereka tentang aplikasi materi kuiah yang dipelajari itu untuk apa??? saya sering mendengar adik-adik tingkat saya tanya, “mbak…kita tuh ngitung seabrek ini tuh untuk apa??”, “mbak, ntar kalo kerja kepake-nya dimana??”,dsb. Beberapa pertanyaan itu bisa saya jawab. Tapi ada materi kuliah yang sampai detik ini saya gak tau kegunaannya belajar itu untuk apa dan kenapa kita DIWAJIBKAN mengambil mata kuliah itu. kalau ada yang tidak bisa saya jawab, saya hanya menjawab “telen aja mentah-mentah”. Ya..saya jawab itu karena saya gak tau harus jawab itu. hehehe…

Lantas apa solusinya??? Ya….ketika di awal, para dosen memberikan sebuah gambaran secara umum materi apa yang akan dipelajari, kegunaan dan aplikasi dari mata kuliah itu. Tapi…tidak hanya dosen saja yang berperan disini… kalau dosen lupa, mahasiswa haruslah aktif bertanya dan sebagai mahasiswa harus kritis..tapi kritis jangan kritis yang kebanyakan tanya, bodoh itu namanya…hihihi… Indonesia sudah bisa terkoneksi internet. Mahasiwa selain mencari tau dari dosen, bisa cari tau atau tanya ke mbah Google, atau text book yang ada…disana biasanya ada.

Doa Ibu Untukmu

Ya Ghaffar, ya Rahim
Kau letakkan di rahim kami anak-anak negeri ini
Kau amanatkan diri-diri mereka pada lindungan kasih-sayang kami
kau percayakan jiwa-jiwa mereka pada bimbingan ruhani kami
Kau hangatkan tubuh-tubuh mereka dengan dekapan cinta kami
Kau besarkan badan-badan mereka dengan aliran air susu kami

Tuhan kami, kami telah sia-siakan kepercayaan-Mu
kesibukan telah menyebabkan kami melupakan amanat-Mu
hawa nafsu telah menyeret kami untuk menelantarkan buah hati kami
tidak sempat kami gerakkan bibir-bibir mereka untuk berzikir kepada-Mu
tidak sempat kami tuntun mereka untuk membesarkan asma-Mu
tidak sempat kami tanamkan dalam hati mereka kecintaan kepada Nabi-Mu

Kami berlomba mengejar status dan kebanggaan
meninggalkan anak-anak kami dalam kekosongan dan kesepian

Kami memoles wajah-wajah kami dengan kepalsuan
membiarkan anak-anak kami meronta dalam kebisuan

Kami terlena memburu kesenangan
sehingga tak kami dengar lagi mereka menangis manja
sambil memandang kami dengan pandangan cinta
seperti dulu, ketika mereka mengeringkan air mata mereka
dalam kehangatan dada-dada kami

Dosa-dosa kami telah membuat anak-anak kami
menjadi pemberang, pembangkang, dan penentang-Mu

Dosa-dosa kami telah membuat hati mereka
keras, kasar, kejam, dan tidak tahu berterima kasih

Sebelum Engkau ampuni mereka, Ya Allah
ampunilah lebih dahulu dosa-dosa kami

Ya Allah, berilah kami peluang untuk mendekap tubuh mereka
dengan dekapan kasih sayang kami
berilah kami waktu untuk melantunkan pada telinga mereka
ayat-ayat Alquran dan Sunnah Nabi-Mu

Berilah kami kesempatan untuk sering menghadap-Mu
dan memohon kepada-Mu seusai salat kami
untuk keselamatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan anak-anak kami

Bangunkan kami di tengah malam untuk merintih kepada-Mu
mengadukan derita dan petaka yang menimpa anak-anak negeri ini.
Izinkan kami membasahi tempat sujud kami
dengan air mata penyesalan akan kelalaian kami

Ya Allah, ya Jabbar, ya Ghaffar
Anugerahkan kepada para pemimpin kami kearifan
untuk mendidik anak-anak negeri ini dalam kesalehan
Berikan kepada mereka petunjuk-Mu
sehingga mereka menjadi suri teladan bagi kami dan anak-anak kami

Limpahkan kepada mereka perlindungan-Mu
supaya mereka melindungi kami dengan keadilan-Mu
Jauhkan mereka dari kezaliman
sehingga kami dapat mengabdi-Mu dengan tentram dan aman

Ya Rahman, ya Rahim
Indahkan kehidupan kami dengan kesalehan anak-anak kami
Peliharalah anak-anak kami yang kecil
Kuatkanlah anak-anak kami yang lemah
Sucikan kalbu mereka
Bersihkan kehormatan mereka
Sehatkan badan mereka
Cerdaskan akal mereka
Indahkan akhlak mereka
Gabungkanlah mereka bersama orang-orang yang bertakwa kepada-Mu
yang mencintai Nabi-Mu, keluarganya yang suci, dan sahabatnya yang mulia
yang berbakti kepada orangtuanya
yang bermanfaat kepada bangsanya
yang berkhidmat kepada sesama manusia

Wahai Zat yang nama-Nya menjadi pengobat
yang sebutan-Nya penyembuhan
yang ketaatan-Nya kecukupan
sayangi kami yang modalnya hanya harapan
dan senjatanya hanya tangisan
Kabulkanlah doaku Ya Allah.

Motivasi untuk sahabat

Simak Kata-kata Motivasi di bawah ini, renungkan, dan jadikan penyemangat dalam bekerja, berkarya dan beribadah.
“Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mu’min akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada Allah Yang mengetahui akan yang ghoib dan yang nyata…” (QS. At taubah:105)
Jangan menunggu segalanya benar-benar sempurna baru kemudian anda memulai. Hal itu TIDAK AKAN TERJADI! Mulailah sekarang juga, dengan apapun yang telah anda miliki. Segala hal yang anda butuhkan akan datang kepada anda seiring perjalanan anda menuju tujuan anda.

“KESEMPATAN itu hanya datang 1 kali di dalam hidup anda, RAIHLAH kesempatan itu segera ketika dia datang.
Do or Do not No TRY!
Khoirunnas anfa uhum linnas… “Sebaik-baik di antara manusia adalah orang yang paling banyak manfaatnya.”

“Dan berapa banyak binatang yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezkinya
sendiri. Allah lah yang memberi rezki kepadanya dan kepadamu dan Dia Maha
Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

“Allah melapangkan rezki bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya di antara
hamba-hamba Nya dan Dia (pula) yang menyempitkan baginya. Sesungguhnya
Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Q.S. Al Ankabuut: 60, 62)
“Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang-orang yang mengharap rahmat Allah …” (QS. Al Ahzab [33] : 21)
“Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh yang ma’ruf dan mencegah yang munkar dan beriman kepada Allah …!’ (QS. Ali Imran [3] : 110).
“Sesunguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (Q.S. Alam Nashrah:6.)
“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” (QS. Ar Ra’ad: 11)


Jika Anda kaya karena berjuang di jalan Allah, maka ingatlah bahwa karena Allah lah anda kaya, sehingga kekayaan yang anda dapatkan itu selalau anda gunakan untuk mendekatkan diri pada Nya.

Jika Anda ingin sukses, Anda harus punya keberanian untuk sukses. Berani sukses sekaligus berani gagal sebagai tahapan menacapai sukses.

Be yourself

Kalau engkau tak sanggup menjadi beringin yang tumbuh di
puncak bukit.
Jadilah saja belukar, tetapi belukar yang terbaik yang tumbuh di tepi danau.

Kalau engkau tak sanggup jadi belukar.
Jadilah saja rumput, tapi rumput yang terbaik yang memperkuat tanggul pinggiran jalan.

Kalau engkau tak mampu menjadi jalan raya.
Jadilah saja jalan kecil, yang membawa orang ke mata air.

Tak semua menjadi nakhoda
Tentu ada awak kapalnya.
Bukan besar kecilnya tugas yang menjadikan
tinggi rendahnya dirimu.
Jadilah saja dirimu, sebaik-baiknya dirimu sendiri.

kenalan yuk sama Eviews 4…

Hi guys…

sesuai dengan janji saya di praktikum ekonometrik (pertemuan pertama), saya akan berbagi ilmu yang saya peroleh dulu dalam bentuk modul praktikum ekonometrik dengan eviews 4.

tapi, ini masih dalam tahap awalan ajah…masih perkenalan dulu. untuk yang lainnya, nyusul yah…hehehe.

kenapa kok eviews 4 bukan eviews 5?? soalnya, di Lab kita tuh makenya eviews 4. Ya sebenarnya lebih seru sih kalau pake eviews 5…tapi gak berbeda banget sih…

kapan2 aku buatin modulnya lagi deh…

ok gitu dulu yah…selamat belajar dan semoga kita semua sukses. Amin… 🙂

modul-praktikum-ekonometrika_part1

Hindari bahaya lagu negatif…

Banyak orang tidak perduli dengan syair sebuah lagu, selama lagu itu mempunyai irama yang enak didengar maka orang akan cenderung mengulang-ulang lagu tersebut. Sayangnya, walaupun telah begitu banyak artikel yang membahas tentang efek kata-kata, masih banyak orang yang belum mau percaya bahwa dampak sebuah lagu yang memiliki kata-kata miris cenderung negatif akan berpengaruh langsung pada kehidupan orang tersebut. Continue Reading »

Einstein’s formula for success

Albert Einstein had a formula for success. Can you believe that? One of the greatest minds of all time developed a math formula for success! I suggest you read this carefully — this may be the most important math equation that you will ever see.

Einstein said, ‘If A equals success, then the formula is: A=X+Y+Z.

X is work.
Y is play.
Z is keep your mouth shut.”

Einstein no doubt had an excellent sense of humor. Let’s look at the 3 variables in this equation. They are: Continue Reading »

Designed by Structured Settlement | Download from Wordpress templates | Music text | Cheap domain

LinkDock.com You found linkdock.com, so will your customers. It's a great label for your website and will help you define your identity on the Web.